Senin, 04 November 2013

EPISTEMOLOGI



Objek pengetahuan sain (yaitu objek-objek yang diteliti sain) ialah semua objek yang empiris. Menurut Jujun S. Suriasumantri dalam ahmad tafsir (2004:27) Kajian objek kajian sain hanyalah objek yang berada dalam ruang lingkup pengalaman manusia. Yang dimaksud pengalaman di sini ialah pengalaman indera.
Objek kajian sain haruslah objek-objek yang empiris sebaba bukti-bukti yang harus ia temukan adalah bukti-bukti yang empiris. Bukti empiris ini diperlukan untuk menguji bukti yang telah dirumuskan dalam hipotesis. Apakah objek yang boleh diteliti oleh sain itu bebas? Artinya, apakah sain boleh meniliti apa saja yang empiris ? menurut sain ia boleh meneliti apa saja yang bebas; menurut filsafat akan tergantung pada filsafat yang mana; menurut agama belum tentu bebas.
Objek-objek yang dapat diteliti oleh sain banyak sekali: alam, hewan, dan manusia serta kejadian-kejadian di sekitar alam, tetumbuhan, hewan dan manusia itu; semuanya dapat diteliti oleh sain. Dari penelitian itulah muncul teori-teori sain. Teori-teori itu berkelompok atau dikelompokkan dalam masing-masing cabang sain. Teori-teori yang telah berkelompok itu yang disebut struktur sain, baik cabang-cabang sain maupun isi masing-masing cabang sain tersebut. Lebih lengkap download di sini, dan jangan lupa saran serta kritiknya.

1 komentar:

  1. Do you realize there's a 12 word phrase you can say to your man... that will induce deep feelings of love and instinctual attractiveness for you buried inside his heart?

    That's because hidden in these 12 words is a "secret signal" that triggers a man's impulse to love, please and guard you with his entire heart...

    ===> 12 Words That Fuel A Man's Desire Response

    This impulse is so hardwired into a man's genetics that it will drive him to try better than ever before to do his best at looking after your relationship.

    In fact, triggering this powerful impulse is so essential to having the best possible relationship with your man that the instance you send your man one of these "Secret Signals"...

    ...You'll immediately notice him expose his soul and heart to you in a way he haven't expressed before and he will distinguish you as the only woman in the universe who has ever truly appealed to him.

    BalasHapus